Tutorial

Daftar
Memilih Pialang
Bagikan :

Pialang merupakan mitra Anda yang Anda percayakan untuk menjadi pelaksana transaksi Anda, meskipun terlihat sulit proses pemilihan pialang yang Anda lakukan sebelum ber-investasi atau trading, dapat memudahkan dan menyelamatkan Anda nantinya.

Beberapa fakta dari kami di bawah ini dapat Anda jadikan pertimbangan untuk membandingkan kelayakan sebuah perusahaan pialang;

Legalitas Pialang

Yang pertama dan yang terpenting adalah Legalitas. Perusahaan pialang harus mendapatkan ijin beroperasi dari badan pengawas pemerintah Indonesia, dalam hal ini adalah BAPPEBTI. Selain itu, pialang tersebut juga harus menjadi bagian atau anggota dari bursa-bursa yang ada dan resmi, dalam hal ini adalah BBJ, BKDI, KBI dan ISI.

Carilah broker dengan ijin dan keanggotaan yang lengkap, karena hal tersebut adalah cerminan dari keseriusan dan profesionalitas pialang tersebut dalam industrinya.

Spread dan Komisi

Dari list pialang legal yang ada di tangan Anda, pilihlah perusahaan yang memiliki spread (selisih antara harga jual dan beli) rendah. Karena rendahnya spread memiliki arti ‘rendah biaya’ dan ‘tinggi likuiditas’.

Besarnya jumlah komisi yang harus Anda bayar juga merupakan sarana penting untuk meningkatkan likuiditas transaksi Anda selain mempermurah biaya.

Riset dan Analisa

Faktor ketiga terpenting adalah ketersediaan informasi dan hasil analisis tentang kondisi pasar, yang dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan transaksi. Referensi seperti ini dapat berbentuk harian, mingguan dan bulanan. Carilah pialang dari sortiran list Anda yang memberikan referensi lebih lengkap.

Edukasi

Investasi dan trading merupakan dunia yang berbeda bagi kalangan awam, dan bahkan mungkin untuk Anda juga. Sehingga program edukasi menjadi faktor penting yang harus disediakan oleh perusahaan pialang. Edukasi tersebut dapat berbentuk training, seminar, buku, artikel atau melalui media lain yang dapat memandu Anda tahap-demi tahap untuk memahami bisnis ini dan mendalaminya dengan baik.

Produk Yang Beragam

Faktor selanjutnya setelah faktor-faktor di atas adalah ketersediaan produk yang Anda ingin transaksikan. Perusahaan yang memberikan cakupan produk luas adalah cermin eksistensi pialang tersebut di industrinya, selain akan memudahkan Anda dalam memilih dan mengalihkan produk yang menurut Anda sesuai.

Platform Online Terbaik

Platform trading adalah program aplikasi trading yang menjalankan transaksi Anda secara online baik dari komputer maupun dari mobile phone. Tentunya ini adalah faktor selanjutnya yang Anda harus perhatikan. Ketersediaan produk yang luas tidak akan bermanfaat apapun bagi Anda jika platform trading tidak ada. Dan yang terbaik Anda lakukan adalah mengambil pialang dengan platform unggulan, dari sisi kemudahan pelaksanaan, keringanan kerja dan kecepatan transaksinya.

Support 24 Jam

Umumnya transaksi produk komoditi, derivatif atau berjangka berlangsung hampir 24 jam. Selama masa tersebut Anda memiliki pertanyaan atau mendapatkan masalah yang membutuhkan penyelesaian segera, support dari perusahaan juga harus siap dan tersedia.

Rekening Segregated Account dan Sistem Withdrawal

Segregated account atau rekening terpisah adalah rekening bank perusahaan pialang yang dikhususkan untuk dana nasabah, yang terpisah dari rekening perusahaan itu sendiri. Seluruh hasil dari aktifitas transaksi nasabah langsung dihitung dalam rekening ini, dan akan aman tersimpan karena berada di bawah pengawasan langsung lembaga bursa. Rekening terpisah ini adalah kewajiban pialang yang telah di atur, Anda dapat melakukan pengecekan nomor-nomor rekening tersebut pada bursa terkait. Pilihlah pialang yang memberikan kemudahan alternatif rekening terpisah sesuai dengan bank kepercayaan Anda, karena hal tersebut akan membantu proses withdrawal Anda.



Monex Investindo Futures
Live Account
  
Demo Account