Raih Peluang Trading Emas Saat Volatilitas Meningkat

Raih Peluang Trading Emas Saat Volatilitas Meningkat
Selasa, 25 April 2017
Bagikan :

Di antara produk-produk pasar produk berjangka, emas merupakan aset safe haven yang menjadi buruan investor di saat ketidakpastian meningkat. Gejolak politik, krisis finansial menjadi pemicu beralihnya dana investor ke aset safe haven. Aset safe haven mempunyai tingkat risiko yang rendah pada saat perekonomian dan geopolitik global sedang tidak menentu.

Saat ini emas memiliki prospek bagus dimana kondisi geopolitik mulai menghangat sejak Presiden Amerika Serikat, Donald Trump memerintahkan penyerangan ke Suriah, 7 April lalu.

Serangan ke Suriah disusul aksi lanjutan dari militer AS yang mengirim kapal perang ke Semenanjung Korea sehingga memicu protes dari Korea Utara yang menilainya sebagai provokasi AS. Negara yang memiliki sejarah permusuhan dengan AS yaitu Rusia bereaksi dengan menyebutkan akan membela Suriah jika terjadi serangan sekali lagi dari AS. Kondisi ini ditambah dengan pemboman oleh militer AS ke basis ISIS di Afghanistan.

Sebelum peristiwa ini harga emas bergerak mendatar namun sejak itu hingga 18 April ini mengalami kenaikan 2.5% ($32) menjadi $1286 per troy ons. Jika melihat pergerakan harga sejak awal tahun hingga 18 April ini harga telah naik 11.05% ($128) per troy ons. Padahal sebelumnya di akhir tahun lalu, pelaku pasar memprediksi harga emas akan tertekan seiring ekspektasi pertumbuhan ekonomi AS yang akan melambungkan dolar AS.

Selain karena geopolitik, harga emas digerakkan oleh berbagai pernyataan Trump dan ketidakpastian kebijakan ekonominya. Di saat Trump mengeluarkan pernyataan kontroversial, dolar yang menjadi denominasi harga emas menjadi melemah sehingga menguatkan harga emas. Kemudian rencana kebijakan fiskal Trump yaitu belanja infrastruktur dan pemotongan pajak hingga kini belum secara detail diketahui publik menyebabkan investor ragu membeli dolar.  

Penguatan harga lebih dari 10%, faktor geopolitik global dan kebijakan Trump membuka peluang baik bagi trading emas di tahun ini karena volatilitasnya meningkat.

Volatilitas tertinggi emas di kuartal pertama 2017 sekitar $25 dalam sehari terjadi saat Federal Reserve menaikkan suku bunga 15 Maret waktu setempat. Pada periode Januari – 22 Maret 2017, volatilitas emas cenderung stabil, dengan rata-rata $14 per hari, namun beberapa kali sempat melebihi $20 per hari.

Jika nilai satu kontrak emas sebesar 100 troy ons/ lot, maka pergerakan tiap $1 harga emas  memberi keuntungan $100, sehingga memberi potensi peluang dalam sehari sebesar $1400.    

Karena itu jangan lewatkan kesempatan trading emas online di tahun ini. Gain besar karena lompatan harga yang besar serta volatilitas tinggi masih akan terjadi.

Percayakan tradingmu pada trading emas online terpercaya seperti di PT Monex Investindo Futures.  Monex memudahkan penempatan dan penarikan dana nasabah. Selain itu Monex menawarkan investasi emas online yang aman dengan penempatan dana nasabah di rekening yang terpisah dari rekening operasional perusahaan.

Kembali ke daftar berita